Serapan Anggaran Tahun 2022 Rendah?

Ilustrasi

Karawang – Serapan Anggaran Belanja Daerah Kabupaten Karawang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Selama tahun 2022 masih terdapat dinas yang masih rendah dalam realisasi penyerapan Anggaran Daerah. Inan, Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karawang memaparkan saat ini Dinas PUPR menjadi paling tertinggi dalam realisasi penyerapan Anggaran Daerah. Anggaran Daerah di dinas tersebut sebesar 813 milliar, saat ini yang telah terealisasi sebesar 787, 7 milliar. Sebesar 96,82 persen telah dilakukan.

“Tidak semua dinas menyerap 100 persen, yang terbesar realisasinya sekarang ada di dinas PUPR. Anggaran yang telah realisasi sekarang ini 787,7 milliar,” ujarnya pada Selasa (3/1/2023).

Sedangkan dinas kesehatan menjadi instansi terendah dalam realisasi penyerapan anggaran. Anggaran yang diberikan untuk instansi tersebut sebesar 1 trilliun 99 milliar. Saat ini yang telah terealisasi hanya sebesar 676,3 milliar. Ia memaparkan untuk anggaran tahun 2023 belum diberikan kepada bidang bendahara sampai saat ini.

“Terendah di Dinkes, dari Dinkes itu 1 trilliun 99 milliar, realisasinya 676, 3 milliar atau cuma 61,53 persen. Anggaran ini termasuk di dalamnya BLUD rumah sakit umum dan paru,” tambahnya.

Ia mengakui untuk tahun 2022 lalu, serapan anggaran belanja daerah menurun dari jumlah tahun sebelumnya. Penyerapan total seluruh anggaran belanja hanya sebesar 83, persen. Ia menyampaikan pula masih terdapat beberapa instansi yang belum menyerahkan total realisasi. Instansi tersebut dinas pendidikan sebesar 4,5 milliar, Kecamatan Karawang Timur sebesar 500 juta, Dinas Koperasi sebesar 100 juta.

“Total anggaran belanja kita 5,4 trilliun, realisasi 4,5 trilliun. Hanya mencapai 83,21 persen. Jujur saja ini menurun drastis dari tahun-tahun sebelumnya. Masih ada beberapa instansi yang belum di nihilkan, kalau sudah di menihilkan akan menambah persentase hanya sedikit,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Warga Pekalongan Tenggelam di Kolam Buatan Proyek PT Sinarmar

Karawang – Tiga pekerja proyek meninggal dunia usai tenggelam di ...