SMANSA Punya Ekstrakulikuler Band

Karawang – Ekstrakulikuler band SMAN 1 Karawang kembali menorehkan prestasi untuk tahun 2023.

Ekstrakulikuler band SMAN 1 Karawang berdiri sejak 2017 lalu. Ekskul ini hingga tahun 2023 telah memperoleh prestasi di tingkat kabupaten hingga nasional. Teofilus Putra Laksono, Ketua Ekskul Band SMAN 1 Karawang menyebutkan pada akhir tahun 2022 lalu berhasil mendapatkan kejuaraan kembali di tingkat nasional. Selanjutnya ia pun menyampaikan pada tahun 2023 saat ini mendapatkan juara di Karawang EduFair. Kemudian sedang mempersiapkan perlombaan kembali pada beberapa bulan mendatang.

“Kalau untuk tahun lalu kita dapat di tingkat nasional dan kemarin ini kita juga baru mendapatkan kejuaraan kembali di tingkat Kabupaten Karawang,” ujarnya pada Kamis (23/2).

Ia melanjutkan perbedaan ekskul ini dengan sekolah lain terletak pada aransemen lagu. Memerlukan waktu selama 1 bulan untuk melakukan aransemen. Genre musik yang dibawakan berupa rock, metal, jazz.

“Secara aransemen dan permainan, action panggung, improvisasi dan interaksi dengan penonton lebih rapih dari sekolah lainnya. Kami itu kebanyakan lebih mudah ke arah rock, kadang kami selipkan jazz dan metal,” tambahnya.

Ia memaparkan genre musik rock lebih mudah di mainkan dalam band. Meski begitu ia pun mengaku untuk genre metal dan jazz pun memiliki tingkat kesulitan. Musik metal kesulitan terletak pada tempo dan ketukan lagu.

“Kalau rock sendiri paling mudah untuk dipelajari dalam band, kesulitannya sendiri itu mempelajari melodi dan Pentatonix melodi. Metal itu kami harus berpacu dengan tempo dan ketukan, jazz sendiri itu paling susah karena semua dasar musik dipakai,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

1.500 Peserta Festival Sampah Ramaikan Hari Pendidikan Nasional

KARAWANG – Momen Hari Pendidikan Nasional, Persatuan Bank Sampah Sekolah ...