Saluran Drainase Ditutup Batako, Wahid : Warga Mulai Khawatir Ancaman DBD

Warga perumahan Taman Bengle Indah menunjukan saluran air ditutup batako

Karawang – Paska viral video saluran air pembuangan perumahan Taman Bengle Indah di Kecamatan Majalaya yang ditutup kemarin, warga mulai mengkhawatirkan ancaman penyakit seperti demam berdarah.

Kondisi tersebut diduga akibat kondisi air yang berwarna hitam pekat tidak tersalurkan karena adanya penutupan disaluran pembuangan sehingga menggenangi rumah warga.

” Ada beberapa warga yang mulai mengeluh gatal gatal karena kondisi air yang warnanya hitam pekat itu namun yang dikhawatirkan warga adalah penyakit demam berdarah karena air selokan tidak mengalir,” kata Wahid, Sabtu (8/7/2023).

Diungkapkan Wahid, kondisi saluran yang ditutup tersebut sebenarnya merupakan jalur saluran warga kampung sekitar dan beberapa warga perumahan dan status saluran merupakan hasil kesepakatan, namun karena alasan pengerjaan turab belum selesai dikerjakan maka dilakukan penutupan oleh salah satu pihak perumahan.

“Saat wakil Bupati datang ke perumahan, beliau mengatakan jangan ada penutupan saluran sebelum saluran utama jadi, namun kenyataannya sekarang perumahan TBI sama sekali tidak di kasih saluran pembuangan. Akibatnya kami harus menampung air kiriman dari warga kampung dan perumahan tanpa bisa dialirkan karena ditutupnya saluran,” jelasnya.

Terkait ancaman penyakit kulit yang menghantui warga karena warna air yang menghitam, ia meyakini karena banyaknya endapan limbah rumah tangga yang tidak terbuang akibat ditutupnya saluran. Selain ancaman penyakit kulit, hal yang paling dikhawatirkan adalah ancaman penyakit seperti demam berdarah.

” Upaya komunikasi baik dengan warga perumahan, developer, pemerintah desa ataupun Kabupaten sudah kami lakukan, tapi tembok penutup saluran masih belum bisa dibuka, kalau warga buka sendiri pasti akan berhadapan dengan hukum, itu yang buat warga bingung mau untuk mengadu ke siapa lagi,” keluhnya.

Warga berharap persoalan saluran utama yang digunakan warga kampung dan beberapa perumahan bisa segera dibuka agar potensi penyakit seperti penyakit kulit, diare ataupun demam berdarah tidak menghantui warga.(rls/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

1.500 Peserta Festival Sampah Ramaikan Hari Pendidikan Nasional

KARAWANG – Momen Hari Pendidikan Nasional, Persatuan Bank Sampah Sekolah ...