Perubahan Kurikulum SMK Sejalan dengan Kebutuhan Perusahaan

Karawang – Dalam rangkaian HUT Karawang ke 390, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar Gebyar Job Fair Online Via Website Infoloker serta Workshop Enterpreneur Barista dan Pastry di Aula Kantor Disnaker, Selasa 12 September 2023.

Acara ini diikuti oleh 96 perusahaan kawasan yang ikut berpartisipasi dalam Job Fair tahun ini. Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana secara simbolis menekan tombol tanda dibukanya gebyar job fair tersebut.

Bupati hadir didampingi Ketua Apindo H Abdul Syukur, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, LPK Galuh Berkarya, perwakilan perusahaan serta peserta yang tengah mengikuti workshop.

Di depan 50 perwakilan perusahaan yang hadir, bupati mengapresiasi atas komitmen dan kolaborasinya dalam penyerapan tenaga kerja asli warga Karawang.

“Dengan Job Fair yang diikuti 96 perusahaan, maka akan tersedia setidaknya 1.000 lowongan kerja bagi anak-anak Karawang,” serunya.

Perusahaan, kata bupati, kini tak usah risau atas skill, keterampilan dan attitude pekerja asal Karawang. Pemda selalu menekankan kepada peserta didik agar mereka memantaskan diri belajar dan bekerja dengan baik sehingga bisa berkompetisi dengan yang lain.

Termasuk wacana penyesuaian kurikulum bagi anak-anak SMK yang sejalan dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga kelak banyak anak Karawang terutama fresh graduate yang bisa langsung dipekerjakan.

Selain itu, sambung bupati dua periode itu, perkembangan zaman juga menyediakan banyak sekali peluang berwirausaha. Seperti Barista di Coffe Shop yang sekarang berkembang pesat, Pantry, maupun garment.

“Semua peluang itu harus mampu kita maksimalkan agar penyerapan tenaga kerja asal Karawang benar-benar maksimal,” tandas wanita berkerudung ini.

Sebagai bentuk apresiasi, pemda mengganjar penghargaan kepada 10 perusahaan yang terbanyak merekrut tenaga kerja asal Karawang. Serta 14 perusahaan yang melakukan pemagangan kepada anak-anak Karawang.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Warga Pekalongan Tenggelam di Kolam Buatan Proyek PT Sinarmar

Karawang – Tiga pekerja proyek meninggal dunia usai tenggelam di ...