Ratusan Kucing Adu Kontes di Cat Show WCF

Ratusan Kucing Adu Kontes di Cat Show WCF

Karawang – Indonesia Cat Show-World Cat Federation (ICS-WCF) 2023 ke 9 berlangsung semarak. Event tersebut digelar di Ballroom Hotel Swiss Bel, Sabtu (23/09/2023).

Ada ratusan kucing berbagai ras mengikuti show yang ditempatkan di kandang masing-masing. Terdiri dari jenis persia, anggora, british shorthair, peaknose, hingga yang sedang tren yaitu buso.


Bupati Karawang, dr.Cellica Nurrachadiana yang juga menghadiri acara ICS-WCF 2023 menyambut baik acara bertaraf internasional tersebut dengan memilih Kabupaten Karawang menjadi tuan rumah yang akan digelar selama dua hari.

“Kami dari pihak pemerintah daerah mengucapkan terima kasih karena telah memilih Kabupaten Karawang menjadi tuan rumah ICS-WCF 2023 show ke 9 yang dihadiri dari berbagai daerah di Indonesia,” kata Bupati Karawang, dr.Cellica Nurrachadiana.

Sementara itu Presiden ICC WCF, Herianto Jainur Santoso mengatakan, event berskala internasioanal ini diadakan untuk mengedukasi para breeder atau peternak kucing ras yang ada di tanah air.
Sebab para breeder bisa mendapat beragam ilmu mulai dari cara merawat kucing yang baik dan benar, hingga menyetarakan standar dengan skala dunia.


“Kita anggota tetap federasi kucing dunia (WCF), kalau disetarakan seperti payung yang memayungi organisasi kucing dari berbagai negara dan menggunakan standar yang sama. Acara ini adalah internasional cat show yang ke-6 di Indonesia,” kata Jainur, Sabtu (23/9/203).


Dia menambahkan, ICC-WCF bukan hanya sekadar kontes show. Melainkan para breeder diberikan pengetahuan mengenai apakah kucing miliknya layak di breeding dengan sistem WCF atau tidak.
Pasalnya, setiap ras kucing mempunyai standar breed yang beragam. Ketika perlombaan dimulai, juri akan menentukan seperti kucing tersebut memiliki kualitas show atau tidak.


Jika mendapatkan kualitas show, maka akan masuk ke final. Bahkan, para peserta akan menyabet gelar Best in Show dan Best of The Best.
Event internasional ini pun turut menghadirkan juri yang berasal dari luar negeri seperti Polandia, Austria dan Rusia.

“Total ada 182 peserta se-Indonesia,” ujarnya.

Para pemenang nantinya akan merebutkan title champion, internasional champion, grand international champion, hingga master WCF.Kemudian naik sampai World Champion.(red/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Warga Pekalongan Tenggelam di Kolam Buatan Proyek PT Sinarmar

Karawang – Tiga pekerja proyek meninggal dunia usai tenggelam di ...