Tarung Tarian Jaipong Kemprung

Tarian Jaipong

Karawang – Ribuan masyarakat Karawang antusias menghadiri Gelar Jaipong Kemprung Tarung yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke 390 Kabupaten Karawang bertempat di Lapang Karangpawitan, Sabtu (23/9/23).

Kegiatan tersebut menghadirkan grup jaipong perwakilan dari tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bekasi (Melinda), Kabupaten Karawang (Abah Namin) dan Kabupaten Subang (ONET Group).

Melalui kegiatan tersebut, Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Karawang Asep Junaedi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karawang atas dukungannya terhadap kesenian yang ada dan berharap dengan adanya Gelar Jaipong Kemprung Tarung mampu melestarikan dan memajukan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Karawang sehingga pelaku seni kedepannya bisa sejahtera.

Gelar Jaipong Kemprung Tarung tersebut dibuka langsung oleh Asisten Pembangunan dan Perekonomian Kabupaten Karawang Ir. H. Hanafi mewakili Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana. Ia menyampaikan bahwa Kemprung Tarung tersebut merupakan salah satu rangkaian dari hari jadi Kabupaten Karawang yang bertujuan untuk melestarikan kesenian yang dimiliki kepada masyarakat.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga dan mempromosikan kesenian yang dimiliki termasuk jaipong kepada masyarakat luas agar semakin dikenal.

“Mari sama-sama kita jaga dan terus kita promosikan kepada masyarakat luas agar semakin dikenal dan menjadi salah satu hiburan masyarakat,” ujarnya.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah, lanjutnya pada 2023 Pemkab Karawang telah melaksanakan program sertifikasi seniman kepada 30 penari dan 2400 program BPJS kepada pekerja seni sehingga menjadikan Kabupaten Karawang sebagai kabupaten pertama yang melaksanakan program ini.

Sebagai penutup, ia berharap para seniman akan terus berkarya dan bisa semakin sejahtera. (red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

1.500 Peserta Festival Sampah Ramaikan Hari Pendidikan Nasional

KARAWANG – Momen Hari Pendidikan Nasional, Persatuan Bank Sampah Sekolah ...