Musim Kemarau El Nino, BPBD Purwakarta : Hampir Seluruh Wilayah Alami Kekeringan

Purwakarta – Dalam beberapa bulan terakhir hampir seluruh wilayah di Indonesia mengalami fenomena pemanasan Suhu Muka Laut(SML), tidak terkecuali Kabupaten Purwakarta.

Heryadi Erland Wibisana Djuhayat Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kab. Purwakarta mengungkapkan, imbas fenomena pemanasan Suhu Muka Laut(SML) atau yang sering disebut musim Kemarau El Nino menyebabkan terjadinya kekeringan hampir di seluruh wilayah Kab. Purwakarta.
“Hampir diseluruh wilayah(Purwakarta),”ucap Heryadi Erlan, Selasa(26/09/2023).

Heryadi Erlan yang baru menjabat sebagai Pelaksana BPBD Purwakarta menuturkan, wilayah Purwakarta kota sebenarnya paling terasa kekeringan imbas El Nino namun terbantu oleh pasokan air dari pam, sedangkan wilayah lain seperti Wanayasa yang hampir mayoritas masih menggunakan sumur kesulitan mendapatkan air karena kondisi sumurnya kering.
“Sebenarnya Purwakarta kota yang paling terasa (Kekeringan) tapi terbantu oleh pasokan air dari pam, wilayah lain seperti Wanayasa yang masih menggunakan sumur itu kesulitan mendapatkan air karena sumurnya kering,”tutur Erland yang sebelumnya menjabat Camat Wanayasa kepada Awak Media.

Ia mengatakan, BPBD Purwakarta akan berupaya membantu apabila ada laporan masyarakat atau di wilayah tertentu sedang mengalami kekeringan dan membutuhkan air bersih.


“Untuk menanggulangi tidak ada, tapi kalau misalnya masyarakat ada yang membutuhkan air bersih, itu kami nanti bisa bantu,”kata Erland. (Ricardo Sibuea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPU Karawang Tetapkan 6,5 Dukungan untuk Pencalonan Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Dalam Pilkada Serentak 2024

Karawang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang tetapkan syarat ...