Mari Fitriana Jadi Ketua KPU Karawang, Ini Profilnya

Mari Fitriana Ketua KPU Karawang

Karawang – Lima komisioner komisioner KPU Kabupaten Karawang periode 2023-2028 menggelar rapat pleno perdana di sekretariat KPU setelah dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum RI.

Di antara keputusan rapat pleno tersebut para komisioner KPU Karawang yang baru ini sepakat memilih Mari Fitriana sebagai ketua. Dan baru pertama kali sejak lembaga penyelenggara pemilu dan pilkada dibentuk oleh pemerintah, KPU di Karawang dinakhodai perempuan alias srikandi.

Sebelumnya, sejak embrio KPU daerah yang dinamai PPD (Panitia Pemilihan Daerah) paska keruntuhan rejim Orde Baru menuju Pemilu tahun 1999, KPU Karawang selalu dipimpin kaum laki-laki. Malah dua orang mantan ketua KPU, Emay Ahmad Maehi dan Miftah Farid, sempat memimpin dua periode kini memilih masuk ke dunia politik praktis melalui Partai Demokrat.

“Kami pulang dari KPU RI langsung disambut para ketua PPK se-Kabupaten Karawang dan rekan-rekan di sekretariat KPU kita. Sekaligus acara lepas sambut dengan komisioner yang habis masa jabatannya. Acara dilanjutkan ke rapat pleno hingga larut malam. Eh, saya yang ditunjuk jadi ketua,” kata Mari, Selasa (31/10/2023).

Sedangkan untuk mengisi kekosongan 3 orang di tiga PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang ditinggalkan Mari Fitriana di PPK Telukjambe Timur, Putra Muhammad Wifdi Kamal di Kotabaru dan Ahmad Subhi di Batujaya karena terpilih masuk KPU Karawang akan diproses mulai pekan ini.

“Secepatnya kita proses, paling ya minggu ini lah. Kita akan panggil calon PPK diurutan keenam yang saat itu ikut seleksi untuk diverifikasi. Kita takutnya ada yang jadi tim sukses bakal caleg tatkala tidak lolos masuk PPK waktu itu. Nanti bisa jadi ramai kalau ada tim sukses masuk PPK,” jelas Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Karawang, Ikmal Maulana.(red/fj/tik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

1.500 Peserta Festival Sampah Ramaikan Hari Pendidikan Nasional

KARAWANG – Momen Hari Pendidikan Nasional, Persatuan Bank Sampah Sekolah ...