Unik! Ada Ular Berkepala Dua

Faktajabar.co.id – Ular tikus barat berkepala dua yang dikenal sebagai Tiger-Lily selamat dari operasi awal bulan ini di Kebun Binatang Saint Louis dan sekarang kembali dirawat oleh pemerintah.

Dalam sebuah pernyataan , Lauren Baker, naturalis di Departemen Konservasi Missouri, menjelaskan bahwa mereka menyampaikan kekhawatiran tentang kondisi Tiger-Lily setelah mereka bersin darah.

“Hal ini segera menimbulkan peringatan bagi staf kami, dan kami segera membuat janji dengan Tim Kesehatan Hewan di Kebun Binatang Saint Louis,” kata Baker.
Selama evaluasi, dokter hewan di kebun binatang menemukan bahwa ovarium ular betina berada dalam keadaan statis sebelum ovulasi. Dr Michael Warshaw, staf dokter hewan di Kebun Binatang Saint Louis, menjelaskan bahwa folikel ovarium sang ular tidak berovulasi dan terus tumbuh tanpa menjadi telur, ini menyebabkan inflamasi dan risiko infeksi.

“Dalam kasus Tiger-Lily, dia memulai siklus reproduksi, namun folikelnya tidak berovulasi dan malah terus tumbuh dan tetap statis di ovariumnya,” kata Warshaw. “Seiring waktu, hal ini menyebabkan peradangan dan risiko infeksi.”

Hasilnya, tim dokter hewan memutuskan bahwa pilihan pengobatan terbaik adalah mengangkat ovarium Tiger-Lily yang tidak normal, sehingga mereka menjalani operasi pada 11 Maret. Saat ini sedang dalam masa pemulihandi Powder Valley Nature Center.

Tiger-Lily ditemukan pada tahun 2017 oleh sebuah keluarga di Stone County, Missouri. Tiger-Lily sebenarnya adalah sepasang ular kembar siam yang identik.

Kasus seperti Tiger-Lily sangat jarang terjadi, dengan peluang hanya satu dari 100.000 kelahiran ular. Tak sampai di situ, ular semacam ini punya tingkat kelangsungan hidup yang rendah.

Memberi makan Tiger-Lily bukanlah tugas yang mudah karena kedua kepala ingin makan, tetapi mereka hanya memiliki satu kerongkongan. Untuk mengatasinya, para penjaga menggunakan cangkir kecil untuk menutup salah satu kepala sementara kepala yang lain makan, kemudian bergantian.(rls/int)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Warga Pekalongan Tenggelam di Kolam Buatan Proyek PT Sinarmar

Karawang – Tiga pekerja proyek meninggal dunia usai tenggelam di ...