Sekilas Info

Gelar Juara Dunia di Depan Mata, Ini Catatan Marquez di MotoGP Jepang

FAKTAJABAR.CO.ID – Marc Marquez punya kans mengunci gelar juara dunia di seri berikutnya, yakni MotoGP Jepang. Bagaimana riwayatnya di trek ini pada kelas primer?

Marquez menjaga keunggulan di klasemen kejuaraan dunia usai menang di MotoGP Thailand, Minggu (7/10/2018) kemarin. Mengumpulkan 271 poin, kini rider Repsol Honda itu unggul 77 poin atas rivalnya dari Ducati, Andrea Dovizioso, di posisi dua.

MotoGP 2018 menyisakan empat seri lagi, artinya ada 100 poin tersisa. Dengan selisih yang dipunyai dan poin-poin yang tersedia, Marquez pun cuma butuh satu kemenangan lagi untuk menjadi juara dunia musim ini.

Memenangi MotoGP Jepang otomatis akan mengakhiri persaingan gelar. Dengan tambahan 25 poin, Marquez bakal tak terkejar lagi oleh Dovizioso meski gagal finis di tiga seri tersisa di Australia, Malaysia, dan Australia.

Lantas bagaimana rekam jejak Marquez di Motegi? Pebalap 25 tahun itu total sudah lima kali tampil di sirkuit tersebut pada kelas primer.

Marquez sejauh ini baru sekali juara di sirkuit sepanjang 4,8 km ini, yakni pada 2016. Tapi pada satu-satunya kemenangan di Jepang itu pula, Marquez memastikan diri jadi juara dunia di musim tersebut.

Di empat musim lainnya, Marquez tercatat tiga kali finis kedua dan sekali finis keempat. Satu-satunya hasil di luar podium terjadi pada musim 2015, musim di mana pebalap asal Spanyol ini akhirnya finis ketiga di kejuaraan dunia.

Itu adalah satu-satunya musim yang gagal dimenangi Marquez sejak naik ke kelas MotoGP pada 2013 silam sampai dengan kini. (dtk)

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Piala AFC U-19 2018:Chinese Taipei Jadi Lawan Pertama Timnas Indonesia

Jakarta – Timnas U-19 Indonesia segera tampil di ajang Piala AFC U-19 2018. Tampil sebagai ...