Saluran Irigasi Kandang Ranjang Jebol, Ratusan Hektar Sawah Terancam Kekurangan Air

SUBANG – Ratusan hektar lahan pertanian di Desa Dawuan Kidul, Kecamatan Dawuan terancam kekeringan. karena saluran irigasi Kandang Ranjang jebol akibat debit air yang tinggi serta kondisi fisik dari bangunan saluran juga sudah termakan usia.

Saluran irigasi yang berada di Blok Cibeunying Desa Dawuan Kidul ini merupakan saluran irigasi andalan petani setempat, jebol sepanjang 10 meter, lebar 2 Meter dan kedalaman sekitar 4 meter.

Ayim(45) Tomas Setempat mengatakan, jebolnya saluran irigasi Kandang Ranjang terjadi Rabu (1 Mei 2019) malam, debit air yang terus meningkat akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.

“Mungkin Arus saluran irigasi cukup deras ketika intensitas hujan tinggi, sehingga menyebabkan saluran irigasi tersebut jebol, ditambah lagi memang keadaan bangunan juga sudah buruk,” kata Ayim Kamis(2/05/2019)

Saluran irigasi Kandang Ranjang selama ini, dapat mengairi sekitar 200 hektare lahan pertanian di kampung Cibeunying dan sekitarnya. Bahkan saluran irigasi tersebut, banyak digunakan warga di beberapa desa untuk kebutuhan pertanian lainnya.

“Harapan kami saluran irigasi yang jebol segera diperbaiki karena kalau tidak seratusan hektare lahan pertanian terancam kekeringan karena sebagian besar lahan sudah ditanami dan setengah jalan,” katanya. (mai)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wujudkan 50 Juta Gaji TNI-Polri Adalah Bukti Bangsa Merdeka

SUBANG – Pemerintah wajib menyejahterakan personel aparat pertahanan dan keamanan negara. Bukan sekedar internal TNI-POLRI, ...