Pemain Korsel Ini Dulu Tidak Berkutik di Hadapan Hansamu Yama Pranata

FAKTAJABAR.CO.ID– Nama penyerang Red Bull Salzburg, Hwang Hee-chan, ramai dibahas internet citizen (netizen) asal Indonesia. Ia banyak dibahas setelah penyerang berpaspor Korea Selatan (Korsel) itu mencetak satu gol saat sang klub kalah 3-4 dari Liverpool di matchday kedua Grup E Liga Champions 2019-2020, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB.

Lantas, apa yang membuat netizen Indonesia tertarik membahas nama Hwang Hee-chan? Pada 2013, Hwang yang baru berusia 16 tahun datang ke Indonesia untuk membela Timnas Korsel U-19 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-19 2014.

Saat itu, Korsel tergabung di Grup G bersama Filipina, Laos dan tuan rumah Indonesia. Pada dua laga awal, Korsel yang berstatus juara bertahan Piala Asia U-19 tampil meyakinkan dengan menang 4-0 atas Filipina dan 5-1 kontra Laos. Di dua laga tersebut, Hwang mengoleksi empat gol, tiga di antaranya dicetak saat menang 4-0 atas Laos.

Kemudian di partai penentuan juara grup, Korsel U-19 dipertemukan dengan Timnas Indonesia U-19 yang diperkuat Evan Dimas. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 memenangi pertandingan dengan skor 3-2 berkat hattrick yang dicetak Evan Dimas! Bagaimana dengan Hwang? Ia sama sekali tidak berkutik dalam laga yang diguyur hujan deras tersebut.

Dua tahun setelah laga di atas, Hwang hijrah ke Eropa untuk memulai karier bersama klub Divisi II Liga Austria, FC Liefiring. Sementara di saat yang bersamaan, Evan Dimas yang berstatus sebagai pemain Persebaya Surabaya justru sedang tidak aktif mengikuti kompetisi. Sebab, Liga Indonesia saat itu sedang tidak menggelar kompetisi, imbas pembekuan yang dijatuhkan FIFA kepada PSSI, imbas campur tangan pemerintah.

Sejak saat itu, karier Hwang dan Evan Dimas bak bumi dan langit. Setelah satu tahun membela Liefering dengan koleksi 13 gol dari 31 pertandingan, Hwang dibeli raksasa Liga Austria, Red Bull Salzburg pada musim dingin 2016.

Total sejauh ini, Hwang telah membantu Salzburg memenangi tiga gelar Liga Austria dan dua Piala Austria. Dalam kurun 2016-2019 (Hwang sempat dipinjamkan ke Hamburg SV pada 2018-2019), ia mengoleksi 35 gol dan 17 assist dari 96 pertandingan.

Terbaru, Hwang mencetak satu gol ke gawang Liverpool. Bahkan sebelum mencetak gol, Hwang melewati pemain terbaik Eropa 2018-2019, Virgil van Dijk! Selain bersinar bersama klub, Hwang juga sempat bahu-membahu dengan Son Heung-min untuk meraih medali emas SEA Games 2018 yang digelar di Indonesia.

Bagaimana dengan Evan? Setelah mengantarkan Bhayangkara FC juara Liga 1 2017, Evan sempat menjajal karier di Liga Malaysia bersama Selangor FA pada 2018. Namun, setahun di sana Evan kembali ke Indonesia untuk membela Barito Putera.

Karena itu, tugas PSSI memaksimalkan sejumlah potensi pemain muda agar tidak layu sebelum berkembang. Di level junior, Evan bisa dibilang lebih bersinar ketimbang Hwang, namun kini kondisi sebaliknya justru terjadi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jawara Baca Nih! Perguruan Silat di Karawang Juara IPSI Cup

Karawang – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Karawang telah ...